Metabolisme karbohidrat

Pada hati, galaktosa dan fruktosa segera diubah menjadi glukosa. Struktur selulosa yang merupakan polimer dari glukosa bandingkan dengan pati Karbohidrat-karbohidrat lain Beberapa karbohidrat bergabung dengan komponen lain. Metabolisme Karbohidrat Pengertian Metabolisme Karbohidrat Metabolisme karbohidrat adalah proses kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup untuk mengolah karbohidrat, baik itu reaksi pemecahan katabolisme maupun reaksi pembentukan anabolisme.

Ada 2 macam amilum yaitu amilosa pati berpolimer lurus dan amilopektin pati berpolimer bercabang-cabang. Elektron-elektron kemudia ditransfer ke sitokrom a dan a3, dari sinilah elektron bergabung dengan atom oksigen dan dua proton untuk membentuk molekul air.

Biokimia Harper Berikut tahap-tahap glikogenelisis: Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, yaitu: Protein tersusun dari molekul-molekul yang disebut asam amino.

Oligosakarida merupakan karbohidrat yang bila dihidrolisis menghasilkan tiga hingga sepuluh monosakarida. Bagaimana reaksi metabolisme lemak? Reaksi tahap kelima dalam tahap glikolisis merupakan reaksi pertama yang menghasilkan energi. Jalur katabolisme melalui jalur HMP Jalur HMP sangat penting untuk menghasilkan pentose yang diperlukan untuk sintesis asam nukleat dan nukleotida yang mengandung gugus prostetik, juga sebagai penghasil materi awal untuk sintesis asam amino aromatic dan vitamin,dan juga berperan dalam beberapa reaksi biosintesis.

Reaksi tahap keenam merupakan reaksi reversibel penambahan satu molekul H2O ke ikatan rangkap fumarat yang menghasilkan L-malat dengan dikatalisis oleh enzim fumarase tanpa koenzim.

Metabolisme karbohidrat

Reaksi tahap ketiga adalah oksidasi isositrat menjadi a-ketoglutarat yang berlangsung melalui pembentukan senyawa antara oksalosuksinat yang yang berikatan dengan enzim isositrat dehidrogenase dengan NAD berperan sebagai koenzimnya.

Glikogen larut dalam air dan hasil akhir hidrolisa adalah glukosa. Sebagian besar pati merupakan amilopektin. Heksosa terdiri dari fruktosa, galaktosa, manosa dan glukosa. Reaksi tahap kelima merupakan perubahan gliseraldehida 3-fosfat menjadi asam 1,3-difosfogliserat, yang melibatkan reaksi pemasukan satu gugus fosfat dari asam fosfat buka dari ATP dan oksidasi molekul aldehida menghasilkan molekul asam karboksilat.

Disakarida dibentuk oleh kombinasi kimia dari dua molekul monosakarida dengan pembebasan satu molekul air.

VLDL membawa lemak dari hati dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh. Enzim ini terikat kuat pada membran dalam mitokondria.

Jurnal Doc : metabolisme karbohidrat

Secara lebih terperinci, tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs dapat diuraikan pada bagian berikut ini. Karena ada dua molekul piruvat yang terbentuk dari tiap molekul glukosa, siklus Krebs bekerja dua kali untuk tiap molekul glukosa yang dipecahkan.

Trisakarida terdiri dari melezitosa dan rafinosa.

Metabolisme Karbohidrat - PowerPoint PPT Presentation

Tahap pertama adalah pembentukan glukosafosfat dari glukosa, dengan bantuan enzim glukokinase dan mendapat tambahan energi dari ATP dan fosfat. Contohnya dari polisakarida adalah amilum yang terdiri dari gugus gula berupa glukosa,glikogen atau gula otot yang tersusun dari gugus gula,danselulosa,pektin,lignin,serta kitin yang tersusun dari ratusan bahkan ribuan gugus guladengan tambahan senyawa lainnya.

Fungsi karbohidrat di dalam tubuh adalah: Adapun satu molekul glukosa akan menghasilkan 38 ATP. Oksidasi a-ketoglutarat menjadi suksinat dengan enzim a-ketoglutarat dehidrogenase.

Hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, yaitu: Dalam reaksi biokimia terjadi perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, misalnya energi kimia dalam bentuk senyawa Adenosin Trifosfat ATP diubah menjadi energi gerak untuk melakukan suatu aktivitas seperti bekerja, berlari, jalan, dan lain-lain Kistinnah, Aldosa berupa aldehid Klasifikasi karbohidrat menurut lokasi gugus karbonil Berdasarkan jumlah atom C pada rantai, monosakarida digolongkan menjadi: Peningkatan gula dalam darah merangsang sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Pembentukan Trio Fosfat Reaksi berikutnya menyangkut pemotongan glukosa 1,6 — difosfat dengan membentuk dua triosa fosfat: SARAN Setelah membaca beberapa referensi dan merangkai beberapa kalimat dalam sebuah makalah ini kami selaku penulis dapat memberikan beberapa saran antara lain: Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit, hanya dapat menggunakan enersi yang berasal dari karbohidrat saja.

Makalah Lengkap Metabolisme Karbohidrat

Pada tahap reaksi kedua, a-hidroksietil didehidrogenase menjadi asetil yang kemudian dipindahkan dari tiamin pirofosfat ke atom S dari koenzim yang berikutnya, yaitu asam lipoat, yang terikat pada enzim dihidrolipoil transasetilase.4/30/ · Agar kita lebih mengetahui tentang proses metabolisme karbohidrat di dalam tubuh ternak.

Manfaat. Dalam pembuatan makalah ini, semoga pembaca dapat mengetahui perbedaan mendasar antara metabolisme karbohidrat hewan ruminansia dan non ruminansia. Serta agar pembaca dapat memberikan asupan nutrisi karbohidrat kepada ternak.

Metabolism

11/12/ · Peranan utama karbohidrat di dalam tubuh adalah menyediakan glukosa bagi sel-sel tubuh, yangkemudian diubah menjadi energi. Glukosa memegang peranan sentral dalam metabolisme karbohidrat. Jaringan tertentu hanya memperoleh energi dari karbohidrat seperti sel darah merah serta sebagian besar otak dan sistem saraf.

1/30/ 1 metabolisme karbohidrat disusun oleh festival-decazeville.comad hanafi, festival-decazeville.com fakultas kedokteran unair dipakai untuk akper, akbid, fkm, dan farmasi. Metabolism (/ m ə ˈ t æ b ə l ɪ z ə m /, from Greek: μεταβολή metabolē, "change") is the set of life-sustaining chemical reactions in festival-decazeville.com three main purposes of metabolism are: the conversion of food to energy to run cellular processes; the conversion of food/fuel to building blocks for proteins, lipids, nucleic acids, and some carbohydrates; and the elimination of.

LATAR BELAKANG Kemampuan ikan untuk memanfaatkan karbohidrat tergantung pada kemampuannya menghasilkan enzim amilase sebagai pemecah karbohidrat. Pada proses pencernaan makanan, karbohidrat mengalami proses hidrolisis, baik dalam mulut, lambung, maupun usus.

Hasil akhir metabolisme karbohidrat adalah glukosa, fruktosa, galaktosa, manosa dan monosakarida lain.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Di dalam kehidupan, karbohidrat merupakan molekul yang sangat penting bagi tubuh makhluk hidup. Kata karbohidrat berasal dari kata karbon dan air.

Secara sederhana karbohidrat didefinisikan sebagai polimer gula. Karbohidrat adalah senyawa karbon yang mengandung sejumlah besar gugus hidroksil.

Metabolisme karbohidrat
Rated 5/5 based on 84 review